Melatih Otot Dada

Melatih Otot Dada

Memiliki dada bidang tentu merupakan harapan semua pria. Namun sayangnya, harapan kerap kali tinggal harapan hanya karena usaha yang kurang. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan, baik di gym maupun di rumah untuk latihan otot dada.

Cara membentuk otot dada tidaklah sulit. Yang paling penting adalah Anda mau melakukannya secara rutin. Sebab, jika hanya dilakukan satu atau dua kali lalu selesai, tentu saja latihan memperbesar dada tersebut akan sia-sia.

Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan latihan membentuk chest, cobalah untuk mencari terlebih dahulu tutorial cara membentuk otot chest di YouTube. Salah satu rekomendasi kanal (channel) YouTube tentang latihan otot chest adalah Christian Dicky.

Di kanal YouTube tersebut, tersedia banyak video mengenai tutorial latihan membentuk dada, tips seputar diet dan kesehatan, serta beragam informasi penting soal membentuk otot tubuh. Jadi, Anda pun bisa terbantu untuk segera mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai keinginan.

Lalu, bagaimana cara agar chest besar?

Berikut ini adalah beberapa gerakan otot dada yang bisa Anda praktikkan di rumah atau di gym.

  1. Incline Barbell Press

Sumber: youtube.com

Kegiatan ini dilakukan dengan menaik-turunkan barbel di atas sebuah papan dengan posisi badan menghadap ke atas. Satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan gerakan otot chest ini adalah Anda harus membusungkan dada dan Sumber: youtube.com

meletakkan bahu pada posisi mendatar. Sementara itu, punggung berada pada posisi lengkung. Hal tersebut dilakukan agar otot dada dapat terbentuk secara maksimal.

  1. Incline Chest Press Machine

Sumber: youtube.com

Olahraga ini dilakukan dengan cara duduk sambil mendorong mesin chest press ke arah atas. Saat melakukannya, pastikan bahwa Anda menggenggam alat tersebut dengan sempurna dengan ibu jari sebagai pengunci di sisi bawah. Selain itu, kedua kaki juga harus berada pada posisi menapak pada lantai. Dengan demikian, tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

  1. Incline Dumbbell Press

Sumber: youtube.com

Latihan memperbesar chest ini dilakukan dengan cara berbaring di bangku yang memiliki kemiringan sekitar 30—45 derajat sambil mengangkat dua barbel, yakni di tangan kiri dan kanan. Pada saat mengambil barbel yang masih tergeletak di lantai sambil duduk, Anda tidak boleh membungkuk. Sebab, itu bisa membuat punggung Anda cedera. Jadi, lakukan dengan posisi punggung tetap lurus.

Setelah mengambil dumbel, letakkan langsung di atas paha. Untuk memindahkan dumbel ke arah bahu, Anda dapat mendorong masing-masing dumbel dengan paha ke arah bahu. Kemudian, rebahkan diri Anda ke papan. Kedua dumbel bisa Anda angkat dengan gerakan lurus ke atas. Jika sudah selesai latihan, Anda bisa langsung menaruh dumbel pada lantai di sisi kiri dan kanan bawah Anda.

  1. Chest Fly Machine

Sumber: youtube.com

Olahraga ini dilakukan dengan duduk tegap sambil menarik mesin chest fly yang berada di posisi kiri dan kanan ke arah depan dengan kedua tangan. Sebelum melakukannya, pastikan bahwa posisi kedua tangan terbentang lurus dengan alat. Selain itu, posisikan telapak kaki rata dengan lantai. Jika sudah, tarik pelan-pelan chest fly ke arah depan secara berulang.

  1. High Cable Crossover

Sumber: youtube.com

Gerakan high cable crossover ini dilakukan dengan menarik dua kabel dengan pemberat yang berada di sisi atas kiri dan kanan. Untuk melakukannya, terlebih dahulu Anda harus menarik pegangan kabel satu per satu. Kemudian, tegapkan badan dengan dada membusung, serta posisikan salah satu kaki di depan dan yang lain di belakang.

Selanjutnya, tarik kedua kabel tersebut pelan-pelan ke arah depan. Anda dapat mengulangnya berkali-kali dengan menambah kecepatan gerakan. Jika sudah selesai, lepaskan masing-masing pegangan kabel secara perlahan ke tempatnya.

  1. Low Cable Crossover

Sumber: youtube.com

Cara memperbesar dada dengan low cabel crossover ini mirip dengan high cable crossover. Bedanya, pada olahraga ini, kabel terletak di bawah kiri dan kanan. Jadi, Anda harus menarik kedua kabel tersebut ke arah atas hingga posisinya berada di depan dada.

Masing-masing mesin cable crossover dilengkapi dengan pemberat yang memiliki berat beban bervariasi. Jika Anda masih pemula, sebaiknya gunakan beban yang ringan, misalnya 5 kg. Namun apabila kekuatan otot sudah cukup kuat, Anda dapat perlahan-lahan menaikkan bebannya hingga mencapai berat maksimal.

  1. Flat Chest Press

Sumber: youtube.com

Olahraga ini dilakukan dengan duduk sambil mendorong mesin chest press ke arah depan. Anda harus melakukannya dengan membusung. Saat memegang alat tersebut, pastikan bahwa pergelangan Anda lurus atau tidak menekuk supaya terhindar dari risiko cedera.

  1. Dumbbell Pullover

Sumber: youtube.com

Cara memperbesar chest yang lain adalah melalui gerakan dumbbel pullover. Aktivitas ini dilakukan di atas papan dengan posisi dada membusung ke atas. Pada posisi tersebut, Anda harus mengayunkan satu dumbel di atas dada ke arah belakang kepala.

Dumbel yang diayunkan harus tetap berada pada posisi tegak lurus. Sementara itu, saat mengayunkan dumbel, usahakan agar posisi tangan tetap lurus. Di samping itu, perhatikan juga posisi kaki yang juga harus menapak lantai.

Itulah delapan cara melatih otot dada yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh dada yang bidang. Namun apabila ingin mengetahui cara melatih chest yang lain, Anda dapat membaca informasi terkait di situs web Body Evolution. Melalui web tersebut, Anda bisa berkesempatan mendapatkan bimbingan atau coaching online terkait pola latihan yang baik dan benar dari leader profesional di bidang fitnes dan gym. Jadi, otot Anda bisa terbentuk tanpa khawatir mengalami cedera saat latihan.

Selain berlatih secara rutin, cara agar dada besar atau bidang secara maksimal bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi whey protein.

Apa Itu Whey Protein?

Sumber: Bukalapak.com

Whey protein diperlukan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi pada tubuh. Dengan mengonsumsi suplemen ini, metabolisme tubuh akan bekerja dengan lebih maksimal. Jika dipadukan dengan latihan yang tepat, otot Anda akan bisa terbentuk dalam waktu yang relatif singkat.

Salah satu rekomendasi whey protein terbaik yang bisa Anda konsumsi secara rutin adalah Evolene. Suplemen ini sudah teruji aman BPOM dan bersertifikat halal dari MUI. Whey protein Evolene terbukti efektif untuk membentuk otot tubuh. Untuk mendapatkannya, Anda bisa klik situs resmi Evolene.

Jadi, untuk mendapatkan otot dada bidang, Anda bisa melakukan berbagai cara melatih dada, seperti yang telah diuraikan di atas, serta melengkapinya dengan whey protein. Selamat berlatih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *